EVALUASI DERMAGA PADA DERMAGA SERPIS JATILUHUR DI WADUK IR. H. DJUANDA PROVINSI JAWA BARAT

ALWI OKTIDIYA, HUMAEDI (2021) EVALUASI DERMAGA PADA DERMAGA SERPIS JATILUHUR DI WADUK IR. H. DJUANDA PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, politeknik transportasi sungai danau dan penyeberangan palembang.

[img] Text
2. Halaman Judul.pdf

Download (135kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (202kB)
[img] Text
12. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV Objek Penelitian.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Ananlisis dan Pemecahan Masalah.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB)

Abstract

Dermaga Serpis Jatiluhur merupakan salah satu dermaga yang terdapat pada Waduk Ir. H. Djuanda yang tingkat pemakaiannya masih sangat kurang yang diakibatkan kurangnya fasilitas pada dermaga seperti fender, bolder, dan jembatan penghubung. Selain faktor tersebut, dimensi dermaga juga menjadi alasan karena dimensi dermaga yang belum sesuai dengan karakteristik kapal yang beroperasi. Dermaga harus dievaluasi supaya tingkat pemakaian dermaga dapat maksimal. Perhitungan yang sesuai antara dermaga dan kapal yang beroperasi harus disesuaikan, serta perhitungan selisih tinggi muka air yang harus diketahui sebagai dasar perhitungan panjang jalan penghubung. Panjang dan lebar dermaga harus disesuaikan dengan karakteristik kapal yang beroperasi. Fasilitas yang terdapat pada dermaga juga harus disesuaikan, seperti energi yang diterima fender untuk menentukan jenis fender dan jumlah bolder yang harus dipasang. Jenis dermaga yang digunakan mengikuti seberapa besar tunggang pasang pada waduk. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, dermaga menggunakan jenis kubus apung HDPE yang dapat menyesuaikan dengan kondisi tinggi air yang disebabkan pasang surut yang sangat tinggi, dengan dimensi dermaga panjang delapan meter, lebar 3meter, dan draft 0,15 meter dengan tipe sandar tegak lurus sebanyak tiga kapal sandar secara bersamaan. Jenis fender yang sesuai dengan hasil analisa adalah LRI-DD150 dengan enegi fender maksimal 0,36 ton/m dengan jumlah empat buah dan lebar 0,15 meter. Bolder yang harus terdapat pada dermaga adalah dua bolder. Panjang jembatan penghubung adalah 15 meter dengan lebar 1,5 meter. Kata Kunci : Dermaga, Fender, Bolder, Jembatan penghubung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 11 Jun 2022 10:32
Last Modified: 11 Jun 2022 10:32
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item