TINJAUAN PELAYANAN PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN JEPARA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021

BAYRENO PATRIA, NEGARA (2021) TINJAUAN PELAYANAN PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN JEPARA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021. Diploma thesis, politeknik transportasi sungai danau dan penyeberangan palembang.

[img] Text
BAYRENO PATRIA NEGARA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan aktivitasnya, pelabuhan di Provinsi Jawa Tengah memiliki tujuan dan sasaran bagi peningkatan pelayanan angkutan barang maupun penumpang. Keberadaan Pelabuhan penyeberangan Jepara tersebut berdampak pada peningkatan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu angkutan penyeberangan menjadi penting di wilayah Provinsi Jawa Tengah karena menjadi penghubung dengan wilayah sekitarnya dan juga untuk membantu perkembangan ekonomi yang tentunya membutuhkan sarana dan prasarana guna menunjang kelancaran kegiatan masyarakat sehari-hari. Pelabuhan Penyeberangan Jepara yang ada di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah melayani lintasan Jepara – Karimunjawa. Untuk itu, perlu adanya pelayanan yang sesuai dengan peraturan perundangan agar dapat terlaksananya kegiatan kepelabuhanan yang baik. Namun faktanya masih terdapat beberapa indikator pelayanan terhadap penumpang yang tidak sesuai dengan ketetentuan. Berdasarkan dari kondisi tersebut, penulis melakukan studi literatur terhadap permasalahan yang ditemukan di pelabuhan. Kemudian dilakukan analisis menggunakan suatu metode guna mendapatkan hasil analisa sekaligus usulan pemecahan masalah. Metode yang digunakan untuk menganalisa permasalahan yang ada adalah analisis perhitungan tingkat kesesuaian standar pelayanan penumpang dengan kondisi eksisting. Metode ini dilakukan dengan dukungan survei yang berkaitan dengan pelayanan terhadap penumpang di pelabuhan. Setelah itu hasil dari pada metode ini akan di analisis dengan tingkat kesesuaian terhadap Peraturan Menteri Perhubungan No. 39 Tahun 2015. Setelah itu didapatlah hasil analisis beserta usulan pemecahan masalah. Berdasarkan dari analisa tersebut didapatkan kesimpulan bahwa masih terdapat pelayanan dan fasilitas yang masih kurang pada Pelabuhan Penyeberangan Jepara. Persentase aspek yang sesuai adalah sebesar 42,42 % sedangkan 57,57% sisanya tidak sesuai. Kata Kunci : Pelayanan Pelabuhan, Standar Pelayanan, Tingkat Kesesuaian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 11 Jun 2022 11:35
Last Modified: 11 Jun 2022 11:35
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item