EVALUASI PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LIKUPANG PROVINSI SULAWESI UTARA

AHMAD KIKO, BANGSAWAN (2022) EVALUASI PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LIKUPANG PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, poltektrans sdp palembang.

[img] Text
1903048 AHMAD KIKO BANGSAWAN .pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD KIKO BANGAWAN EVALUASI PELAYANAN TERHADAP PENUMPANG DI PELABUAHAN PENYEBERANGAN LIKUPANG PROVINSI SULAWESI UTARA DIBIMBING OLEH : MIRAN, SE., M.Mar.E DAN SRI KARTINI, ST.,M.Si Pelabuhan Penyeberangan Likupang adalah pelabuhan yang dikelola BPTD Wilayah XXII Sulawesi Utara. Keberadaan Pelabuhan Penyeberangan Likupang ini menjadi sangat penting dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi di wilayah Likupang. Dalam hal ini, perlu adanya pelayanan yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku agar dapat terlaksananya kegiatan kepelabuhanan yang baik. Namun faktanya masih terdapat beberapa indikator pelayanan terhadap penumpang yang tidak sesuai dengan ketetentuan. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis melakukan survei terhadap permasalahan yang ditemukan di Pelabuhan Penyeberangan Likupang. Kemudian, dilakukan analisis menggunakan suatu metode guna mendapatkan hasil analisa sekaligus usulan pemecahan masalah. Metode yang digunakan untuk menganalisa permasalahan yang ada adalah analisis perhitungan tingkat kesesuaian standar pelayanan penumpang dengan kondisi existing. Metode ini dilakukan dengan dukungan beberapa survei yang berkaitan dengan pelayanan terhadap penumpang di pelabuhan. Setelah melakukan survei, hasil dari pada metode ini akan di analisis dengan tingkat kesesuaian terhadap Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : KP.5062/AP 005/DRJD/2020. Setelah itu didapatlah hasil analisis beserta usulan pemecahan masalah Berdasarkan dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa masih terdapat standar pelayanan penumpang yang kurang pada Pelabuhan Penyeberangan Likupang seperti fasilitas pelayanan penumpang berupa pendingin ruangan, gangway dan lampu penerangan yang belum memadai, tidak tersedianya beberapa fasilitas pelayanan keselamatan dan kesehatan berupa nomor telepon darurat, titik kumpul evakuasi dan tandu. Kata Kunci : Standar, Pelayanan, Kesesuaian, Pelabuhan Komersial dan lintasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 10 Nov 2022 11:52
Last Modified: 10 Nov 2022 11:52
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item