PENYUSUNAN RENCANA POLA OPERASI KAPAL PASCA PEMBANGUNAN DERMAGA II LINTAS PENYEBERANGAN TANJUNG API-API - TANJUNG KALIAN

MADE ANDIKA LOJI, NUGRAHA (2022) PENYUSUNAN RENCANA POLA OPERASI KAPAL PASCA PEMBANGUNAN DERMAGA II LINTAS PENYEBERANGAN TANJUNG API-API - TANJUNG KALIAN. Diploma thesis, poltektrans sdp palembang.

[img] Text
1903060 MADE ANDIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENYUSUNAN RENCANA POLA OPERASI KAPAL PASCA PEMBANGUNAN DERMAGA II LINTAS PENYEBERANGAN TANJUNG API-API - TANJUNG KALIAN ABSTRAK Dibimbing oleh: Drs. Brendhard M.Tampubolon,M.si dan M. Khairani S.SiT,M.Si Penambahan jumlah dermaga yang akan beroperasi pada Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-Api pada bulan Oktober 2022 membutuhkan pengaturan pola operasi yang optimal pada saat dermaga II mulai beroperasi. Berdasarkan hasil analisa untuk memenuhi kebutuhan angkutan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah trip kapal. Untuk dapat memaksimalkan muatan kapal perlu didukung dengan jadwal kapal yang sesuai agar terciptanya suatu keseimbangan antara jumlah kapal dengan muatan kapal yang ada. Lintasan penyeberangan yang dilayani oleh Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-api merupakan lintas komersil dengan lintasan penyeberangan yang menghubungkan Tanjung Api-api ke Tanjung Kalian Muntok Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi. Data yang harus dikumpulkan ialah produktivitas penumpang dan kendaraan, karakterisitik kapal, lay over time, pasang surut air, serta waktu operasional kapal. Metode institusional dan kepustakaan data diambil dari BPTD Wilayah. VII Prov. Sumatera Selatan – Bangka Belitung. Analisa dilakukan dengan merencanakan jadwal yang sesuai dengan kondisi di masa yang akan datang agar pola operasi kapal lintas Tanjung Api-Api – Tanjung Kalian dapat memenuhi permintaan pengguna jasa. Kata Kunci : Pola Operasi, Lay Over Time, Lintasan x PREPARATION OF A PLAN FOR SHIP OPERATING PATTERNS POST-CONSTRUCTION OF PIER II TRACK TANJUNG API-API - TANJUNG KALIAN ABSTRACT Guided By: Drs. Brendhard M.Tampubolon,M.si and M. Khairani S.SiT,M.Si Tanjung Api-api Ferry Port is located in Banyuasin Regency, which is in the province of South Sumatra. The crossing served by the Tanjung Api-api Ferry Port is a commercial route with a crossing connecting Tanjung Api-api to Tanjung Kalian Muntok . With the addition of the number of piers that will operate in October 2022, the pattern operation when wharf II starts operating is very important. To meet the needs of transportation can be done by increasing the number of ship trips. To be able to maximize the ship's load, it needs to be supported by an appropriate ship schedule in order to create a balance between the number of ships and the existing shipload. Data collection was carried out using the observation method. The data that must be collected is the productivity of passengers and vehicles, ship characteristics, lay over time, tides , and ship operating time. Institutional methods and library data are taken from the Regional BPTD. VII Prov . South Sumatra – Bangka Belitung. Analysis done with plan suitable schedule with conditions in the future come order pattern operation boat track Tanjung Api-Api to Tanjung Kalian get fulfill Request user service. Keywords : Pattern Operation, Lay Over Time, Track

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:23
Last Modified: 15 Nov 2022 02:24
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item