EVALUASI PELAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN PADA KAPAL YANG BEROPERASI DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LIKUPANG PROVINSI SULAWESI UTARA

RANTI, HALFIANI (2022) EVALUASI PELAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN PADA KAPAL YANG BEROPERASI DI PELABUHAN PENYEBERANGAN LIKUPANG PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, poltektrans sdp palembang.

[img] Text
KKW RANTI HALFIANI_1903089.pdf

Download (4MB)

Abstract

Evaluasi Pelayanan Angkutan Penyeberangan Pada Kapal Yang Beroperasi Di Pelabuhan Penyeberangan Likupang Provinsi Sulawesi Utara ABSTRAK Pelabuhan Penyeberangan Likupang terletak di Desa Munte, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pelabuhan Likupang memiliki tiga kapal yang beroperasi yaitu KMP. Lohoraung lintasan Likupang-Biaro-TagulandangMakalehi-Siau, KMP. Tarusi lintasan Likupang-Pananaru-Melonguane dan KMP. Watunapato lintasan Likupang-Melonguane-Marampit-Miangas yang saat ini sedang docking. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, terdapat beberapa pelayanan yang belum dijalankan dengan baik, sehingga pengguna jasa merasa tidak puas dan tidak nyaman selama berada di atas kapal. Metode untuk menganalisa permasalahan yang ada adalah analisa presentase tingkat kesesuaian standar pelayanan angkutan penyeberangan dan analisa Importance Performance Analysis. KMP. Lohoraung dengan presentase tingkat kesesuaian 48,58% dan KMP. Tarusi dengan presentase tingkat kesesuaian 51,61%. Pada standar pelayanan pemuatan kendaraan KMP. Lohoraung dengan presentase tingkat kesesuaian 85,18% dan KMP. Tarusi dengan presentase tingkat kesesuaian 81,48%. Pada standar pelayanan pengoperasian kapal KMP. Lohoraung dan KMP. Tarusi memiliki tingkat kesesuaian dengan presentase 100%. Berdasarkan hasil analisa didapatkan kesimpulan yakni atribut yang berada pada kuadran I, berdasarkan hasil penelitian atribut layanan yang penting dan mendapat penilaian paling tinggi kepentingannya. Atribut yang berada pada kuadran I diantaranya, pada KMP. Lohoraung fasilitas dewi-dewi sekoci yang rusak, ruang medis yang tidak digunakan sebagaimana fungsinya, tidak tersedianya alat kesehatan (tandu, kursi roda, tabung oksigen), toilet yang masih bergabung tiap gender, tidak tersedia musholla dan pada KMP. Tarusi fasilitas sekoci yang bocor, toilet masih bergabung tiap gender, ruang menyusui yang tidak digunakan sebagaimana fungsinya, lampu penerangan yang tidak sesuai aturan. Kata Kunci: standar pelayanan, pelayanan penumpang, tingkat kepuasan x Evaluation of Passenger Services on Ships Operating at Likupang Ferry Port, North Sulawesi Province ABSTRACT Likupang Ferry Port is located in Munte Village, North Minahasa Regency, North Sulawesi. Likupang Port has three operating vessels, namely KMP. Lohoraung with the Likupang-Biaro-Tagulandang-Makalehi-Siau route, KMP. Take the route Likupang-Pananaru-Melonguane and KMP. Watunapato with the Likupang-Melonguane-Marampit-Miangas route which is currently docking. Based on observations in the field, there are several services that have not been carried out properly, so that service users feel dissatisfied and uncomfortable while on the ship. The method to analyze the existing problems is the analysis of the percentage level of conformity of the ferry service standards with the existing conditions and analysis of Importance Performance Analysis. KMP. Lohoraung with the percentage of conformity level of 48.58% and KMP. Tarusi with the percentage of conformity level of 51.61%. On the KMP vehicle loading service standard. Lohoraung with the percentage of conformity level of 85.18% and KMP. Tarusi with the percentage of conformity rate of 81.48%. On the service standard of KMP ship operation. Lohoraung and KMP. Tarusi has a level of conformity with a percentage of 100%. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the attributes that are in quadrant I, based on the results of the research on the service attributes that are important and get the highest importance rating. Attributes that are in quadrant I include, in KMP. Lohoraung facilities for the goddesses of broken lifeboats, medical rooms that are not used as intended, unavailability of medical equipment (stretches, wheelchairs, oxygen cylinders), toilets that are still combined for each gender, prayer rooms and KMP are not available. There are leaking lifeboat facilities, toilets are still combined for each gender, breastfeeding rooms that are not used as intended, lighting that does not match the rules. Keywords: service standard, passenger service, satisfaction level

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:59
Last Modified: 15 Nov 2022 02:59
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item