AMALIA, NABATAN (2022) ANALISIS KESIAPAN PENERAPAN DIGITALISASI TICKETING SYSTEM BERBASIS ONLINE PADA PELABUHAN LEMBAR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, poltektrans sdp palembang.
Text
1903098 AMALIA NABATAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Analisis Kesiapan Penerapan Digitalisasi Ticketing System Berbasis Online Pada Pelabuhan Lembar Provinsi Nusa Tenggara Barat ABSTRAK Pelabuhan Penyeberangan Lembar merupakan pelabuhan lintas komersil yang sangat penting dalam mengembangkan dan menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali dan daerah lainnya melalui jalur laut. Penerapan metode cashless di penyeberangan Lembar sejalan dengan upaya percepatan transformasi digital yang telah mengubah cara bertransaksi masyarakat dari sebelumnya melalui physical space menjadi menjadi digital space (online). dimana saat ini pengguna jasa membeli tiket yang sudah disediakan di pelabuhan dan melakukan pembayaran menggunakan kartu non tunai di loket pelabuhan. Untuk itulah perlu adanya proses pemesanan tiket berbasis online sehingga segala bentuk pemesanan dapat dilakukan kapan dan dimana saja dan lebih memudahkan masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket. Dimana tujuannya untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas angkutan penyeberangan yang berdaya saing global serta meningkatkan jasa pelayanan dalam pemesanan tiket kepada pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang berbentuk angka, dimana memiliki 3 variabel yaitu pengguna jasa, sistem/IT dan operasional pelabuhan yang terbukti berpengaruh positif terhadap penerapan tiket berbasis online di Pelabuhan Lembar. Kata Kunci : Online, Pelabuhan, Pelayanan, Pengguna Jasa, Tiket. Readiness Analysis Of The Implementation Of An Online-Based Ticketing System Digitalization At Lembar Port West Nusa Tenggara Province ABSTRACT Lembar ferry port is a commercial port that is very important in developing and connecting Lombok Island with Bali Island and other areas by sea. The implementation of the cashless method at Lembaran Lembar is in line with the acceleration of digital transformation efforts that have changed the way people transact from before through physical space to become digital space (online). where currently service users buy tickets that have been provided at the port and make payments using non-cash cards at the port Counter. For this reason, it is necessary to have an online ticket booking process so that all forms of reservations can be made anytime and anywhere and make it easier for the public to make ticket reservations. Where the goal is to improve the safety and quality of crossings that are globally competitive and improve services in booking tickets to service users. This study uses a quantitative approach with questionnaires as a means of collecting data in the form of numbers, which has 3 variables, namely service users, system/it and port operations that proved to have a positive effect on the application of online-based tickets at Lembar Port. Keywords : Online, Port, Service, Service User, Ticket.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muendi MJ admin |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 03:00 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 03:00 |
URI: | http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/255 |
Actions (login required)
View Item |