Evaluasi Pelayanan Penumpang di Pelabuhan Ro-Ro Kuala Tungkal Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP. 5062/ AP. 005/ DRJD/ 2020

Dela Arisa, Simanjuntak (2023) Evaluasi Pelayanan Penumpang di Pelabuhan Ro-Ro Kuala Tungkal Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP. 5062/ AP. 005/ DRJD/ 2020. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.

[img] Text
DELA ARISA SIMANJUNTAK_2003006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pelabuhan Ro-Ro Kuala Tungkal merupakan Pelabuhan Penyeberangan yang melayani lintas antar pulau antar provinsi dengan lintasan Kuala Tungkal – Telaga Punggur dan Kuala Tungkal – Dabo. Pelabuhan Ro-Ro Kuala Tungkal dikelola oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dalam sistem transportasi, keamanan dan keselamatan sangat diunggulkan sebagai bentuk pemberian jasa yang baik, maka pelabuhan sebagai salah satu simpul transportasi dianggap perlu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta kinerja dalam pelayanan terhadap pengguna jasa, salah satunya penumpang. Metode yang digunakan untuk menganalisa permasalahan yang ada adalah analisis perhitungan tingkat kesesuaian standar pelayanan penumpang dengan kondisi existing. Metode ini dilakukan dengan dukungan beberapa survei yang berkaitan dengan pelayanan terhadap penumpang di pelabuhan. Setelah melakukan survei, hasil dari pada metode ini akan di analisis dengan tingkat kesesuaian terhadap Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor :KP.5062/AP 005/DRJD/2020. Setelah itu didapatlah hasil analisis beserta usulan pemecahan masalah. Dengan meningkatnya produktivitas penumpang dan kendaraan pada Pelabuhan Ro-Ro Kuala Tungkal membuat bertambahnya kebutuhan pengguna jasa yang harus dipenuhi diantaranya yaitu penambahan luas ruang tunggu penumpang, peningkatan pelayanan pada aspek kenyamanan penumpang dibagian terminal, peningkatan keamanan di ruang tunggu penumpang, penyediaan fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas, ibu hamil dan juga orang tua, informasi kendaraan lanjutan guna memudahkan penumpang untuk mencari moda transportasi lanjutan, fasilitas keamanan seperti petugas yang ada disekitar terminal, dermaga maupun kapal untuk mengawasi para penumpang yang naik dan juga turun kapal agar melewati lajur khusus pejalan kaki dan kebersihan toilet yang harus dijaga guna kenyamanan penumpang. Kata kunci: Pelayanan, Pelabuhan, Penumpang, Tingkat Kesesuaian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:05
Last Modified: 23 Apr 2025 03:05
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item