Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Penyeberangan Hunimua Provinsi Maluku

Dona Aprija, Putri (2023) Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Penyeberangan Hunimua Provinsi Maluku. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.

[img] Text
DONA APRIJA PUTRI_2003032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelabuhan penyeberangan yang memiliki waktu pelayanan pelabuhan yang lebih singkat dibandingkan jadwal yang seharusnya dapat dikategorikan sebagai pelabuhan dengan tingkat pelayanan yang baik (Munah, H, 2016). Waktu pelayanan di Pelabuhan Penyeberangan Hunimua saat ini berdasarkan hasil observasi sementara menunjukan lama antrian kendaraan yang akan menaiki kapal membutuhkan waktu lebih dari 30 menit, sedangkan waktu naik dan turun dari kapal membutuhkan waktu lebih dari 5 menit. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 539 Tahun 2022 tentang Pedoman Perencanaan, Pembangunan dan Evaluasi Kinerja Pelabuhan Sungai, Danau, dan Penyeberangan, indikator-indikator yang ada menunjukan bahwa kinerja Pelabuhan Hunimua masih menunjukan kinerja pelabuhan yang buruk. Oleh karena itu, perlu dievaluasi kualitas kinerja khususnya kinerja pelayanan operasional pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja operasional kapal, operasional bongkar/muat kendaraan dan operasional utilisasi fasilitas di Pelabuhan Penyeberangan Hunimua saat ini, dengan mengacu pada penilaian kinerja berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 539 Tahun 2022 tentang Pedoman Perencanaan, Pembangunan dan Evaluasi Kinerja Pelabuhan Sungai, Danau, dan Penyeberangan.Hasil analisis menunjukan kinerja pelayanan operasional kapal dalam kategori sangat baik dan harus dipertahankan kedepannya. Hal ini ditunjukan oleh waktu olah gerak kapal dengan waktu 2,82 menit. Kinerja pelayanan operasional bongkar/muat dalam kategori buruk sehingga harus ditingkatan dalam hal yang mendukung kelancaran daya lalu dari lalu lintas di pelabuhan. Hal ini ditunjukan oleh waktu kendaraan naik kapal, waktu kendaraan turun dari kapal, dan waktu kendaraan antri naik kapal yaitu 3.36 menit, 6.95 menit, dan 44.2 menit. Kinerja pelayanan operasional terhadap utilisasi fasilitas dermaga plengsengan I dalam kategori sangat baik, hal ini ditunjukan dari Nilai BOR sebesar 62,9%, sedangkan pada dermaga plengsengan II dalam kategori sangat buruk ditunjukan oleh Nilai OR sebesar 9,67%. Namun ketidakmerataan penggunaan dermaga tersebut tidak mempengaruhi waktu dari operasional kapal itu sendiri. Kata Kunci: Pelabuhan Penyeberangan, Kinerja Operasional, Indikator

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:03
Last Modified: 24 Apr 2025 08:03
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item