Tinjauan Penerapan Pelayanan Minimal Pemuatan Kendaraan di atas Kapal pada Lintasan Bolok – Rote Provinsi Nusa Tenggara Timur

Shabrina, Ramadhani (2023) Tinjauan Penerapan Pelayanan Minimal Pemuatan Kendaraan di atas Kapal pada Lintasan Bolok – Rote Provinsi Nusa Tenggara Timur. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.

[img] Text
kkw sabrina.pdf

Download (553kB)

Abstract

Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh perusahaan angkutan penyeberangan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Proses pemeriksaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) agar ketika kapal beroperasi tidak menimbulkan masalah. Namun, dalam pelaksanaannya Standar Pelayanan Minimal belum diterapkan di Pelabuhan Penyeberangan Bolok terkhusus untuk Standar Pelayanan Minimal Pemuatan pada 4 kapal yaitu: (1) KMP. Lakaan; (2) KMP. Cakalang II; (3) KMP. Uma Kalada; dan (4) KMP. Inerie II pada Lintasan Bolok – Rote. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat atau persentase kesesuaian Standar Pelayanan Minimal Pemuatan kendaraan di atas 4 kapal pada Lintasan Bolok – Rote. Metode yang digunakan adalah metode observasi berupa survey jarak antar kendaraan dn tingkat kesesuaian terhadap Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 62 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Penyeberangan. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa pada 4 (empat) kapal di Lintasan Bolok – Rote tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 62 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Angkutan Penyeberangan, yaitu: (1)KMP. Lakaan tingkat kesesuaian sebesar 62%; (2) KMP. Cakalang II tingkat kesesuaian sebesar 62%; (3) KMP. Uma Kalada tingkat kesesuaian adalah 65,5%; dan (4) KMP. Inerie II tingkat kesesuaian adalah 65,5%. Berdasarkan analisis operator kapal dapat meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pemuatan kendaraan, terutama pada aspek: (1)Aspek keselamatan perlu perbaikan sprinkler dan pendeteksi asap; (2)Aspek keamanan yang perlu menyediakan CCTV pada cardeck dan pengaturan jarak antar kendaraan; dan (3)Aspek kemudahan / keterjangkauan adanya perubahan pada tinggi cardeck, perbaikan lampu dan pengikatan pada kendaraan pada saat berlayar. Kata Kunci: Standar Pelayanan Minimal, Kapal, Aspek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:46
Last Modified: 24 Apr 2025 08:46
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item