Devita Eka, Wulandari (2023) EVALUASI POLA OPERASI KAPAL PENYEBERANGAN PADA LINTASAN KARIANGAU-PENAJAM PELABUHAN KARIANGAU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.
![]() |
Text
KKW DEVITA EKA WULANDARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan Kariangau merupakan Pelabuhan yang berada di Kota Balikpapan yang melayani lintasan Kariangau-Penajam dengan jumlah 12 kapal yang beroperasi dan 96 trip per hari. Jarak penyeberangan lintasan ini adalah 6 mil dengan waktu tempuh selama 1 jam. Namun, pengoperasian kapal di lintasan ini tidak diimbangi dengan standar pelayanan minimal pengoperasian kapal dan jumlah trip yang ideal sehingga ketika kapal berlayar tidak mengangkut penumpang maupun kendaraan dengan maksimal. Load factor di Pelabuhan Kariangau saat ini masih kurang dari batas ideal yaitu 65%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi peggunaan kapal berdasarkan jumlah kapal dan trip yang ideal saat ini dan standar pelayanan minimal pengoperasian kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis load factor, analisis standar pelayanan minimal pengoperasian kapal, analisis kebutuhan kapal, dan analisis penjadwalan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis perhitungan load factor diperoleh rata-rata load factor untuk penumpang saat ini sebesar 1% dan untuk kendaraan saat ini adalah 57%. Standar pelayanan minimal pengoperasian juga belum terpenuhi dengan baik. Adanya perubahan pola operasi kapal pada lintasan Kariangau-Penajam sekarang dari kondisi eksisting, yang diperoleh melalui hasil analisis perhitungan kebutuhan jumlah kapal dan analisis jadwal kapal yang optimal menyebabkan terjadinya perbedaan antara pola operasi kapal yang berlaku saat ini dengan pola operasi rencana hasil perhitungan. Pola operasi rencana ini dihitung berasarkan jumlah trip dan jumlah kapal sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa sehingga kapal pada lintasan ini dapat mengangkut penumpang dan kendaraan secara maksimal dengan load factor ideal 65%. Kata Kunci: Load Factor, Standar Pelayanan Minimal, Pola Operasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Muendi MJ admin |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:42 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:42 |
URI: | http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |