Carolin Farah, Diba (2021) PENERAPAN PELAYANAN KEBERANGKATAN PENUMPANG DAN KENDARAAN TERHADAP TICKETING SYSTEM ENVIRONMENT DI PELABUHAN KETAPANG KABUPATEN BANYUWANGI PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, politeknik transportasi sungai danau dan penyeberangan palembang.
Text
KKW CAROLIN FARAH DIBA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pelabuhan penyeberangan Ketapang merupakan pelabuhan lintas komersil yang sudah menerapkan “Digitalisasi Ticketing” yang artinya pengguna jasa dengan mudah dapat membeli tiket secara online. Situs berbasis online tersebut bernama Ferizy.com yang dikelola oleh PT. ASDP Indonesia Ferry yang salah satunya melayani pemesanan tiket pada lintas penyeberangan Ketapang - Gilimanuk. Dalam penerapan sistem ticketing berbasis online ditemukan masih terdapat permasalahan, yaitu terkait pemilihan jadwal pada sistem ticket online tersebut dimana dalam pemilihan jadwal keberangkatan pengguna jasa hanya dapat menentukan jam masuk pelabuhan. Metode yang digunakan untuk menganalisa permasalahan yang ada adalah dengan analisis load factor berdasarkan data survey dan analisis muatan tertahan berdasarkan data survey. Berdasarkan dari analisis tersebut didapatkan kesimpulan bahwa penerapan pelayanan sistem tiket online di lingkungan pelabuhan penyeberangan Ketapang masih menimbulkan penumpukan kendaraan pada lapangan penumpukan karena berlebihnya kapasitas muatan yang menimbulkan banyak muatan tidak dapat masuk ke kapal dan setelah ditinjau tiketing sistem berbasis online masih minim dalam memberikan informasi keberangkatan kepada pengguna jasa mulai dari jadwal keberangkatan kapal hingga kapasitas muatan yang tersedia per golongan kendaraan. Kata Kunci : Pelabuhan, Penyeberangan, Pelayanan, Ticketing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muendi MJ admin |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 12:52 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 12:52 |
URI: | http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/164 |
Actions (login required)
View Item |