ORION DWI, SAPUTRA (2021) OPTIMALISASI FASILITAS PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN BANDAR SRI JUNJUNGAN PROVINSI RIAU. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai, Danau , Dan Penyeberangan Palembang.
Text
02 HAL JUDUL.pdf Download (53kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) |
|
Text
12 ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (37kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (386kB) |
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan Bandar Sri Junjungan terletak di Kota Dumai melayani lintasan komersil antara Dumai – Tanjung Kapal. Keberadaan lintasan ini sangat penting dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi di wilayah Pulau Rupat dan pengembangan di sektor wisata. Untuk itu, perlu adanya pelayanan yang sesuai dengan peraturan perundangan agar dapat terlaksananya kegiatan kepelabuhanan yang baik. Namun pada kondisi lapangan masih terdapat beberapa indikator pelayanan terhadap penumpang yang tidak sesuai dengan ketetentuan. Berdasarkan dari kondisi tersebut, penulis melakukan studi literatur terhadap permasalahan yang ditemukan di pelabuhan. Kemudian, dilakukukan analisis menggunakan suatu metode guna mendapatkan hasil analisa sekaligus usulan pemecahan masalah. Metode yang digunakan untuk menganalisa permasalahan yang ada adalah analisis perhitungan tingkat kesesuaian standar pelayanan penumpang pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2015 dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa persentase aspek yang sesuai sebesar 22,69% sedangkan persentase yang tidak sesuai sebesar 77,31%. Berikut aspek yang tidak sesuai antara lain : (a) aspek keselamatan seperti alat pemadam kebakaran yang tidak terawat, tidak terdapat rambu petunjuk jalur evakuasi dan titik kumpul evakuasi ,tidak terdapat daftar nomor telepon darurat;(b)aspek keamanan seperti tidak terdapat informasi gangguan keamanan, CCTV di pelabuhan tidak berfungsi secara maksimal, lampu penerangan yang kurang intesitas cahaya nya, (c) aspek kenyamanan seperti tidak tersedia fasilitas ruang tunggu, toilet, musholla dan fasilitas pengatur suhu serta tidak terdapat lajur penumpang (gangway) langsung menuju kapal;(d) aspek kemudahan/keterjangkauan seperti tidak ada pelayanan informasi gangguan perjalanan kapal, porter yang tidak berseragam; (e) aspek kesetaraan seperti tidak terdapat fasilitas bagi penumpang difable dan fasilitas ruang ibu menyusui. Kata Kunci : Fasilitas, Penumpang, Kesesuaian, Pelabuhan, Optimalisasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muendi MJ admin |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 07:05 |
URI: | http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/111 |
Actions (login required)
View Item |