EVALUASI POLA TAMBAT SPEEDBOAT PADA DERMAGA UPTD LLASDP KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI

ADIRA BALQIS, SAPUTRI (2021) EVALUASI POLA TAMBAT SPEEDBOAT PADA DERMAGA UPTD LLASDP KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai, Danau , Dan Penyeberangan Palembang.

[img] Text
2 Halaman JUDUL..pdf

Download (101kB)
[img] Text
11 ABSTRAK fix.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA adira.pdf

Download (57kB)

Abstract

Pelabuhan UPTD LLASDP merupakan pelabuhan yang berada di Jl. Asia, Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi yang melayani 3 trayek lintasan yaitu Antar Provinsi, Antar Kabupaten, dan antar dalam kabupaten. Dalam pengaplikasiaannya, pola tambat sangat mempengaruhi kegiatan naik turun penumpang di dermaga. Namun, menurut kondisi ekstisting yang ada, Dermaga UPTD LLASDP Kabupaten Tanjung Jabung Barat belum menerapkan sistem pola tambat sehingga kapal yang akan tambat di Dermaga tersebut masih tambat sembarangan tanpa memperhatikan pola tambat. Hal ini berdampak buruk terhadap penumpang maupun barang yang mereka angkut, penumpang yang ingin naik ke kapal sering susah naik karena posisi sandar kapal yang tidak beraturan menyebabkan penumpang maupun barang bisa terjatuh ke sungai ketika terjadi bongkar muat barang di dermaga. Adapun penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1) Untuk Mengetahui kondisi Eksisting pada Dermaga UPTD LLASDP khususnya pada saat kapal akan tambat di Dermaga. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaturan pola tambat kapal pada dermaga tersebut agar sesuai dengan situasi dan kondisi yang layak untuk menunjang kalancaran aktivitas dermaga. 3) Untuk Mengetahui apakah kegiatan operasional serta kondisi dermaga dalam kegiatan turun naik penumpang pada kondisi sekarang diimbangi dengan pelayanan dari petugas pelabuhan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah observasi langsung di lapangan (field research), wawancara (Interview), Kepustakaan/ Dokumentasi (literature) dan institusional. Kemudian untuk menganalisa hal tersebut berpedoman pada Teori Soedjono Kramadibaratha dalam buku Perencanaan Pelabuhan. Analisa yang digunakan ialah analisa kapasitas tambat kapal sesuai sistem pola tambat (memanjang, tegak lurus dan menyudut). Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Kapasitas speedboat yang dapat tambat di Dermaga UPTD LLASDP dengan pola tambat memanjang terhadap dermaga yaitu sebanyak 19 Kapal 2) Kapasitas speedboat yang dapat tambat di Dermaga UPTD LLASDP dengan pola tambat tegak lurus terhadap dermaga yaitu sebanyak 5 Kapal. 3) Kapasitas speedboat yang dapat tambat di Dermaga UPTD LLASDP dengan sistem tambat menyudut terhadap dermaga yaitu sebanyak 5 Kapal (untuk sudut 30o), 7 Kapal (untuk sudut 45o), 9 Kapal (untuk sudut 60o), 19 Kapal (untuk sudut 75o). Hal ini menyatakan bahwa tidak diperlukan penambahan panjang dermaga karena kapasitas tambat telah mencukupi kapasitas maksimum kapal yang tambat secara bersamaan menurut jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal namun harus adanya pengaturan terhadap pola tambat kapal dan perlu adanya penempatan petugas untuk mengatur sistem tambat kapal pada dermaga tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 11 Jun 2022 11:29
Last Modified: 11 Jun 2022 11:29
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item