EVALUASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN SUNGAI PADA KAPAL DI LINTASAN MINTIN – ANJIR SAMPIT KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

AHMAD, BASIR (2022) EVALUASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN SUNGAI PADA KAPAL DI LINTASAN MINTIN – ANJIR SAMPIT KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, poltektrans sdp palembang.

[img] Text
1903074 AHMAD BASIR KKW FULL TTD.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EVALUASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN SUNGAI PADA KAPAL LINTASAN MINTIN – ANJIR SAMPIT KABUPATEN PULANG PISAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH AHMAD BASIR DIBIMBING OLEH: KODRAT ALAM, S.SiT., M.T DAN FERDINAND PUSRIANSYAH, S.SiT., S.H., M.Si Dermaga Mintin yang terletak di kabupaten Pulang Pisau provinsi Kalimantan Tengah melayani lintasan antara Mintin – Anjir Sampit dan memiliki 3 kapal yang beroperasi yaitu Kapal Palapa Agung, Kf Perintis dan Maju Bersama. Pada pengoperasian angkutan sungai dan danau, standar pelayanan memiliki nilai yang sangat penting bagi pengguna jasa. Namun, pada kondisi lapangan masih terdapat beberapa indikator pelayanan yang tidak sesuai dengan ketetentuan. Berdasarkan dari kondisi tersebut, penulis melakukan survey terhadap pelayanan dan fasilitas pada kapal tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian standar pelayanan minimal pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 61 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau dengan kondisi eksisting dan pelayanan/ fasilitas apa saja yang perlu di perbaiki agar sesuai dengan standar yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kapal yang beroperasi belum sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 61 Tahun 2021. Kepada pihak pengelola kapal yang berwenang harus meningkatkan pelayanan penumpang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 61 tahun 2021 tentang penyelenggaraan angkutan sungai dan danau. Adapun saran perbaikan bagi pengelola kapal sebagi berikut: Perlu adanya penambahan fasilitas petunjuk jalur evakuasi. Life jacket dewasa dan anak, alat pemadam api, radio komunikasi, Perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan, kotak sampah, stiker larangan merokok, Lampu navigasi, Perlu adanya penambahan intensitas cahaya pada kapal. Perlu adanya informasi perjalanan dan informasi gangguan perjalanan dan keamanan, Kapal harus menyediakan penyambung platform ke kapal dan akses prioritas bagi penyandandang disabilitas atau usia lanjut. Kata Kunci: Standar, Pelayanan, Penumpang, Kesesuaian ix ABSTRACT EVALUATION OF MINIMUM SERVICE STANDARDS RIVER TRANSPORT ON SHIP ON THE MINTIN – ANJIR SAMPIT TRACK PULANG PISAU REGENCY CENTRAL KALIMANTAN PROVINCE AHMAD BASIR GUIDED BY: KODRAT ALAM, S.SiT., M.T DAN FERDINAND PUSRIANSYAH, S.SiT., S.H., M.Si Mintin Pier located in Pulang Pisau regency of Central Kalimantan province serves the route between Mintin - Anjir Sampit and has 3 ships operating namely the Palapa Agung Ship, Kf Perintis and Maju Bersama. In the operation of river and lake transportation, service standards have a very important value for service users. However, in field conditions there are still some service indicators that are not in accordance with certainty. Based on these conditions, the author conducted a survey of the services and facilities on the ship. The purpose of this study is to determine the conformity of the minimum service standards in the Regulation of the Minister of Transportation Number 61 of 2021 concerning the Implementation of River and Lake Transportation with existing conditions and what services / facilities need to be improved to comply with the established standards. Based on the results of analysts, it is obtained that the ships operating are not in accordance with the Minimum Service Standards in the Regulation of the Minister of Transportation Number 61 of 2021. The authorized ship manager must improve passenger services in accordance with the Regulation of the Minister of Transportation Number 61 of 2021 concerning the implementation of river and lake transportation. Suggestions for improvement for ship managers are as follows: There is a need for additional evacuation route guidance facilities. Adult and child life jackets, fire extinguishers, communication radios, first aid kits in accidents, garbage boxes, smoking prohibition stickers, Navigation lights, There is a need for additional light intensity on the ship. In the need for travel information and travel and security interference information, the Ship must provide a platform connection to the ship and priority access for people with disabilities or the elderly. Keywords: Standard, Service, Passenger, Compliance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:40
Last Modified: 15 Nov 2022 02:40
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item