PERENCANAAN DERMAGA BUNDER WADUK SAGULING KABUPATEN BANDUNG BARAT PROVINSI JAWA BARAT

JEREMIA KRISTIAN R, SIHOMBING (2022) PERENCANAAN DERMAGA BUNDER WADUK SAGULING KABUPATEN BANDUNG BARAT PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, poltektrans sdp palembang.

[img] Text
1903079 Jeremia Kristian Ruben Sihombing.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perencanaan Dermaga Bunder Waduk Saguling Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat ABSTRAK Kegiatan pelayaran di Waduk Saguling rata – rata memiliki trip yang padat saat hari pasar yang membuat banyak kapal yang sandar dan tambat di daratan yang belum memiliki dermaga. Tidak adanya dermaga membuat kapal-kapal sandar dan tambat dengan tidak teratur. Untuk mengatasi hal tersebut seharusnya dibangun dermaga yang sesuai dengan kondisi perairan dan daratan yang berada di sekitar Pos Pengawasan Bunder Waduk Saguling. Maka dilakukan analisis untuk mengetahui jenis dan bentuk dermaga, pola sandar kapal, jenis Fender, dan jalan penghubung. Berdasarkan hasil analisa, rencana dermaga yang tepat yaitu menggunakan jenis kubus apung HDPE agar dapat menyesuaikan dengan tinggi muka air akibat pasang surut sebesar 4 meter. Dimensi dermaga yang direncanakan yaitu dengan panjang 9 meter, lebar 3 meter, dan draft 0,12 meter dengan tipe sandar tegak lurus agar 3 kapal dapat bersandar secara bersamaan. Fasilitas sandar seperti fender dengan jenis Rubber Fender Cylindery dengan energi fender 0,13 ton/m yang dapat diganti dengan menggunakan ban bekas berjumlah 5 buah dengan jarak antar fender 2,1 m. Bolder yang tepat pada dermaga berjumlah 3 buah dengan jarak antar bolder sebesar 4 meter.Jalan penguhubung yaitu dengan panjang 12 meter dan lebar 2 meter. Kata Kunci : Dermaga, Tinggi Muka Air,Fender, Bolder,Jalan Penghubung x Planning for the Bunder Pier of the Saguling Reservoir, West Bandung Regency, West Java Province ABSTRACT Shipping activities in the Saguling Reservoir are quite busy when market day which makes many ships dock and moor on the mainland side which does not yet have a pier. The absence of a dock as a place for mooring and docking ships makes ships dock and moor irregularly. To overcome this, a pier should be built that is in accordance with the conditions of the waters and land around the Bunder Monitoring Post of the Saguling Reservoir. Then an analysis is carried out to determine the type and shape of the pier, the type of fender, and the connecting road Based on the results of the analysis, the appropriate jetty plan is to use the type of HDPE floating cube so that it can adjust to the water level due to tides of 4 meters. The dimensions of the planned pier are 9 meters long, 3 meters wide, and 0.12 meters draft with a vertical berth type so that 3 ships can lean together simultaneously. The berthing facilities such as fenders with the type of Rubber Fender Cylindery with fender energy of 1.8 tons/m which can be replaced by using 5 pieces of used tires with a distance between fenders of 2.1 m. The right bolters on the pier are 3 pieces with a distance between bolders of 4 meters. The connecting road is 12 meters long and 2 meters wide. Keywords: Pier, Water Level, Fender, Bolder, Connecting Road

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:43
Last Modified: 15 Nov 2022 02:43
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item