ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI KMP. SEIRA YANG BEROPERASI PADA LINTASAN BAKAUHENI – MERAK

Nachia, Salsabila (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI KMP. SEIRA YANG BEROPERASI PADA LINTASAN BAKAUHENI – MERAK. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.

[img] Text
NACHIA SALSABILA_2003068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Standar pelayanan minimal angkutan penyeberangan di atas kapal memiliki nilai yang sangat penting bagi perusahaan dan pihak regulator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam penyediaan pelayanan dan juga dapat dijadikan sebagai acuan mengenai kualitas suatu pelayanan yang disediakan oleh pengelola kapal. Berdasarkan hasil survei di lapangan, ditemukan beberapa pelayanan bagi pengguna jasa yang belum dijalankan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pengguna jasa, presentase kesesuaian standar pelayanan minimal angkutan penyeberangan dan atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan sesuai dengan harapan pengguna jasa di atas KMP. Seira. Penelitian ini menggunakan metode Gap Performance – Importance untuk mengetahui kesenjangan antara harapan pengguna jasa terhadap kualitas pelayanan yang telah dirasakan dan Pemetaan Kuadran Importance Performance Analysis untuk untuk mengetahui atribut yang menjadi prioritas utama peningkatan kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil analisis Gap Performance-Importance didapatkan nilai gap tertinggi untuk pelayanan penumpang yaitu (- 2.09) pada atribut tersedia Ruang medis yang dilengkapi dengan peralatan P3K, Kursi roda, Tandu, dan Obat – obatan telah memadai dan berfungsi dengan baik dan untuk pelayanan penumpang yaitu (-2,06) pada atribut Tersedianya perlengkapan keselamatan pada saat pemuatan kendaraan. Berdasarkan hasil analisis Pemetaan Kuadran Importance Performance Analysis terdapat 8 atribut pelayanan penumpang dan 2 atribut pemuatan kendaraan yang berada di kuadran I sebagai prioritas utama perbaikan sehingga tingkat kepuasan pengguna jasa dapat meningkat. Kata Kunci : Standar Pelayanan, Tingkat Kesesuaian, Persepsi Penumpang, Pelayanan Penumpang, Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:00
Last Modified: 25 Apr 2025 08:00
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item