PANDU, WICAKSONO (2021) ANALISA KEBUTUHAN FASILITAS POKOK LAHAN DARATAN PADA PELABUHAN SAPE KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai, Danau , Dan Penyeberangan Palembang..
Text
Hal Judul.pdf Download (46kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (65kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB III .pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (714kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (32kB) |
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan Sape dikelola oleh PT ASDP FERRY (PERSERO) sebagai operator pelabuhan yang menyediakan fasilitas untuk menunjang kegiatan operasional di Pelabuhan Penyeberangan Sape. Selain pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) juga menjadi operator kapal yang menyediakan kapal-kapal penyeberangan yang melayani trayek lintas komersil Sape – Labuan Bajo dan lintasan Komersial Sape – Waingapu dengan 2 (dua) unit kapal penyeberangan jenis ro-ro. Namun, di Pelabuhan Penyeberangan Sape nyatanya masih terdapat fasilitas pokok lahan daratan yang masih kurang hingga tidak ada sehingga dapat menghambat kegiatan operasional pelabuhan. Berdasarkan hasil analisa, maka dapat diketahui bahwa Pelabuhan Penyeberangan Sape belum menyediakan ruang tungu yang memiliki luas dan kursi ruang tunggu yang memadai sehingga banyak penumpang yang duduk dilantai ketika menunggu kapal yang tripnya hanya sekali sehari, tidak tersedia jembatan timbang, dan memiliki gangway yang belum menyambung ke dek kapal sehingga antara penumpang dan kendaraan masih masuk pada satu jalur yang sama yaitu pintu rampa kapal. Oleh karena itu, perlu adanya tinjauan serta penambahan pada beberapa fasilitas yang kurang hingga bahkan tidak ada pada pelabuhan Sape hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Sape. Perbaikan fasilitas pokok daratan seperti perbaikan ruang tunggu penambahan jembatan timbang, dan penambahan gangway yang menyambung dari gangway sebelumnya untuk menuju ke dek kapal yang dilakukan untuk melancarkan kegiatan operasional pelabuhan sehingga penumpang dapat merasakan pelayanan prima yang diberikan oleh pihak pelabuhan. Kata Kunci : Fasilitas ruang tunggu penumpang, fasilitas jembatan timbang, fasilitas gangway.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 03:11 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 03:11 |
URI: | http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/61 |
Actions (login required)
View Item |