EVALUASI PELAYANAN PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN KOTA TUAL PADA TAHUN 2020

AHZAR, TAUFIK SUSILO (2021) EVALUASI PELAYANAN PENUMPANG DI PELABUHAN PENYEBERANGAN KOTA TUAL PADA TAHUN 2020. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai, Danau , Dan Penyeberangan Palembang..

[img] Text
GABUNGAN EMBAL EMBAL.pdf

Download (604kB)
[img] Text
KKW Ahzar BAB 1- 6 FIX revisi pengujiiii.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelabuhan Penyeberangan Tual berada di Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Provinsi Maluku. Pelabuhan Penyeberangan Tual merupakan pelabuhan penyeberangan yang dikelola oleh Pemda Kota Tual. Penyelengara kapal yang berada di Pelabuhan Penyeberangan Tual yaitu PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Tual. Pelabuhan Penyeberangan Tual melayani lintasan sebanyak 21 lintasan antar pulau dan antar Provinsi dengan lintasan perintis. Pelabuhan Penyeberangan Tual memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan ekonomi di Kota Tual dan sekitarnya mengingat di daerah tersebut merupakan daerah yang sebagian besar terdiri dari gugusan-gugusan pulau. Berdasarkan hasil survey di lapangan, ditemukan beberapa pelayanan bagi penumpang yang belum dijalankan dengan baik seperti fasilitas kesehatan dengan peralatann yang kurang memadai, fassilitas penerangan yang tidak memadai, fasilitas WC/kamar mandi yang belum memadai, tidak adanya alat pendingin ruangan, tidak ada informasi untuk angkutan lanjutan, dan petugas bagasi/porter tidak menggunakan seragam. Berdasarkan kondisi eksisting di lapangan, pelayanan terhadap penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Tual belum terlaksana sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 39 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan maka dianggap perlu meninjau kembali standar pelayanan penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Tual telah sesuai atau tidak dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2015 yang berlaku untuk lintasan perintis. Dari analisa yang dilakukan maka perlu adanya penambahan fasilitas agar dalam kegiatan operasional dapat berjalan dengan tertib dan lancar, guna meningkatkan serta menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi para pengguna jasa . Kata Kunci : Pelabuhan, Penumpang, Pelayanan Penumpang, Standar Pelayanan Penumpang, Tingkat Kesesuaian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? HE ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: Admin
Date Deposited: 03 Aug 2021 05:57
Last Modified: 03 Aug 2021 05:57
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item