EVALUASI PENERAPAN SISTEM ZONASI TERHADAP POLA ARUS KENDARAAN PADA PELABUHAN PENYEBERANGAN TOROBULU

I PUTU DICHA CANDRA, PANGESTU (2021) EVALUASI PENERAPAN SISTEM ZONASI TERHADAP POLA ARUS KENDARAAN PADA PELABUHAN PENYEBERANGAN TOROBULU. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Sungai, Danau , Dan Penyeberangan Palembang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dermaga 16 Ilir adalah salah satu pelabuhan sungai yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan. Trayek Palembang-Telang merupakan salah satu trayek yang terdapat di Dermaga 16 Ilir. Jumlah trip rata-rata per hari pada trayek Palembang-Telang adalah tiga trip. Namun, pengoperasian kapal di Dermaga 16 Ilir tidak diimbangi dengan sarana yang ideal sehingga banyak operator kapal mengalami kerugian karena kapal yang beroperasi melebihi dari jumlah permintaan angkutan. Waktu yang dibutuhkan untuk berlayar pada trayek Palembang-Telang adalah 125 menit. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisa untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya analisis faktor muat, analisa prediksi pertumbuhan penumpang, analisa kebutuhan jumlah kapal, dan analisa jadwal kapal. Hasil analisa menunjukkan bahwa: 1. Load factor rata-rata longboat selama 4 bulan survei yang beroperasi di Dermaga 16 Ilir adalah 53 %. 2. Jumlah kebutuhan frekuensi keberangkatan rata-rata kapal untuk tahun 2021 adalah 4 trip. 3. Penjadwalan kedatangan dan keberangkatan longboat yang direncanakan berdasarkan waktu pelayanan hasil analisa yaitu sailing time 125 menit dan layover time 84 menit dengan jumlah kapal sebanyak 2 kapal/hari. Dari analisa tersebut diketahui bahwa jumlah longboat yang beroperasi di Dermaga 16 Ilir yang mengangkut penumpang trayek Palembang-Telang tidak sesuai dengan jumlah permintaan pengguna jasa, sehingga harus dilakukan pengurangan terhadap jumlah armada longboat yang beroperasi perhari untuk trayek Palembang-Telang. Kata kunci: Dermaga, Faktor Muat, Frekuensi, Kapal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Depositing User: Muendi MJ admin
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:14
Last Modified: 09 Jun 2022 04:14
URI: http://repository.poltektranssdp-palembang.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item